Witjaksono raih posisi teratas dalam survey calon wakil Gubernur Jawa Tengah 2024

Witjaksono Raih Posisi Teratas dalam Survei Calon Wakil Gubernur Jawa Tengah 2024

Semarang, 30 Juli 2024 - Dalam perkembangan terbaru menuju Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2024, Witjaksono, seorang pengusaha muda dan kader Nadliyin, muncul sebagai kandidat terkuat untuk posisi Wakil Gubernur. Berdasarkan hasil survei Lembaga Penelitian dan Masyarakat Madani (LPMM), Witjaksono meraih tingkat elektabilitas tertinggi dengan 29,1%.



Dilansir dari tvonenews dan rctiplus Survei yang dilakukan dengan metode top of mind ini menunjukkan bahwa Witjaksono unggul dari kandidat lainnya seperti Taj Yasin yang memperoleh 18,8% dan Sri Mulyani dengan 10,2% . Keberhasilan Witjaksono dalam survei ini tak lepas dari latar belakangnya sebagai pengusaha sukses dan keterlibatannya dalam kegiatan sosial keagamaan melalui Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama (SNNU) .
Witjaksono/Kaesang


Kombinasi Nasionalis-Nadliyin

Dilansir dari tvonenews Dalam simulasi pasangan calon, pasangan Kaesang Pangarep dan Witjaksono muncul sebagai kombinasi terkuat dengan tingkat keterpilihan 34,3%. Pasangan ini dianggap mampu merepresentasikan kombinasi politik nasionalis dan religius yang diinginkan oleh banyak pemilih di Jawa Tengah. Pasangan lainnya seperti Sudaryono-Umi Azizah mendapatkan 29,6%, Ahmad Luthfi-Taj Yasin 15,4%, dan Hendrar Prihadi-Sri Mulyani hanya 13,3% .




Dukungan Kuat dari Berbagai Kalangan
Alamsyah, seorang pengamat politik, menyatakan bahwa tingginya tingkat keterpilihan Witjaksono tidak hanya disebabkan oleh latar belakang pengusaha yang dimilikinya, tetapi juga karena ia dianggap mampu memenuhi kriteria pemimpin yang diinginkan oleh masyarakat Jawa Tengah. Sebanyak 33,7% responden menginginkan kepala daerah berlatar belakang pengusaha atau wiraswasta, mirip dengan Presiden Joko Widodo .




Aktivis Nahdlatul Ulama, Rikal Dikri Muthahhari, juga menilai pasangan Kaesang-Witjaksono sangat cocok untuk memimpin Jawa Tengah. “Kaesang dan Witjaksono adalah sosok muda dan energik yang memahami keinginan anak muda,” ujarnya. Rikal juga menambahkan bahwa kombinasi nasionalis-religius ini sangat relevan dengan tradisi kepemimpinan di Indonesia .




Menanti Pilgub 2024
Dengan hasil survei yang menguntungkan ini, Witjaksono dan pasangan calon gubernur potensial lainnya semakin mempersiapkan diri untuk menghadapi Pilkada Jawa Tengah 2024. Tingginya dukungan dari berbagai kalangan masyarakat menunjukkan bahwa Witjaksono memiliki peluang besar untuk terpilih sebagai Wakil Gubernur, membawa harapan baru bagi perkembangan Jawa Tengah di masa depan.




Sumber: LPMM, TVOneNews, RCTI+

No comments

Powered by Blogger.